Jumat, 01 Juli 2016

Hillier Lake



Tidak hanya danau biru saja yang dapat terlihat cantik nan indah, tetapi lihat saja danau satu ini! Dengan warna pinknya yang menawan dan pasti membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Dengan warnanya yang unik menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara.

Dikenal dengan nama Danau Hillier atau sering disebut dengan danau pink memiliki panjang 600 meter dan lebar mencapai 250 meter. Terletak di Middle Island yakni pulau terbesar di kepulauan Recherche, Australia Barat. Dikelilingi oleh pasir dan hutan lebat yang ditumbuhi pohon eucalyptus, memisahkannya dari Samudra Selatan. Ditemukan pertama kali pada tahun 1802  oleh Matthew Flinders seorang navigator dan hydrographer asal Inggris ketika tengah mendaki sebuah pegunungan. John Thistle, sang master kapal, lantas mengumpulkan sampel air danau Hillier dan ia sangat terkejut sebab air danau telah tersaturasi dengan garam, Walaupun anda menampung air ke dalam tempat lain, air yang terlihat akan tetap berwarna pink permanen.

Sebagian ilmuan beranggapan warna pink tersebut disebabkan oleh alga tetapi hipotesis itupun belum kuat karena tidak ditemukannya alga dalam danau. Hal itu menyebabkan banyak argumen lain yang bermunculan seperti warna tersebut dapat muncul dari pewarna yang diproduksi organisme Dunaliella salina dan Halobacteria yang hidup di dalamya, hingga warna pink ini murni merupakan keajaiban alam.

Terlepas dari semua opini masyarakat tersebut, lebih baik kita mensyukuri ciptaan Tuhan dan melestarikan apa yang telah diberikanNya bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar