PENGERTIAN PASAR
Dalam
arti sempit pasar diartikan sebagai suatu tempat dimana para penjual dan
pembeli dapat bertemu untuk berjual beli barang. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan
panjual dan pembeli untuk melakukan ransaksi jual beli dapat dilakukan melalui sarana
elektronika seperti telepon, faksimail, ataupun televisi. Oleh karena itu,
penjual dan pembeli tidak bertatap muka karena berjauhan.
Menurut
ilmu ekonomi, pengertian pasar bukan saja dalam bentuk tempat (fisiknya pasar),
pasar dapat diartikan seagai tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran
walaupun pembeli dan penjualnya tidak bertemu secara langsung serta barangnya
belum diperlihatkan oleh penjualnya.
Syarat Terjadinya sebuah Pasar
Berdasarkan
uraian di atas tersebut, suatu kejadian disebut sebagai suatu pasar apabila
memenuhi beberapa syarat, yaitu :
·
Ada calon penjual dan pembeli
·
terjadi hubungan antara penjual dan pembeli
secara langsung ataupun tidak langsung
·
ada barang dan jasa yang akan diperjual
belikan
FUNGSI PASAR
Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual
(pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam
kegiatan ekonomi masyarakat
Asapun fungsi pasar dalam kegiatan ada tiga macam, yaitu
antara lain :
1. Fungsi Distribusi
Dalam kegiatan distribusi, pasar berfungsi sebagai
mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi
Pasar memiliki fungsi distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi
kepada konsumen.
Salah satu kegiatan ekonomi yang pokok adalah kegiatan
distribusi atau kegiatan penyampaian barang dan jasa hasil produksi kepada
konsumen. Untuk melakukan kegiatan distribusi tersebut, dibutuhkan sarana dan
prasarana di antaranya adalah pasar.
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar
penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Melalui transaksi
jual beli, produsen dapat memasarkan barang hasil produksinya baik secara
langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara
lainnya.
Melalui transaksi jual beli itu pula, konsumen dapat
memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya secara
mudah dan cepat. Jika pasar dapat berfungsi dengan baik, maka kegiatan
distribusi dapat berjalan dengan lancar, tetapi jika pasar tidak dapat
berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang
lancar.
2. Fungsi Pembentukan Harga
Sebelum terjadi transaksi jual beli terlebih dahulu
dilakukan tawar-menawar, sehingga diperoleh kesepakatan harga antara penjual
dan pembeli. dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak
(antara pembeli dan penjual) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga,
atau disebut harga pasar.
3. Fungsi Promosi
Pasar merupakan sarana paling tepat untuk ajang promosi,
karena di pasar banyak dikunjungi para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat
dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memasang spanduk, membagikan leaflet atau brosur penawaran,
membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli dan sebagainya
WUJUD
PASAR
Menurut wujudnya pasar juga dapat dibagi
menjadi dua yaitu :
1.
Pasar Abstrak
Pasar yang tidak nyata, percakapan antara
penjual dan pembeli hanya dilakukan melalui telepon dan internet mereka tidak
bertatap muka secara langsung.
·
Contohnya : online
shop
2.
Pasar Konkret
Pasar yang nyata para penjual dan pera
pembeli dpat bertemu langsung dan saling bertatap muka, barang dan jasanya pun
sudah dapat dilihat dan durasakan langsung.
·
Contohnya : pasar
swalayan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar