Kamis, 30 Juni 2016

Bioluminescent Bay


Bio Bay adalah Bioluminescent Bay atau juga dikenal dengan Mosquito Bay terletak di pantai selatan dari Puerto Rico Vieques Island. Vieques adalah rumah yang sempurna untuk Dinoflagellates, Dinoflagellata dapat dianggap seperti bukan hewan tetapi bukan pula tumbuhan. Mereka dikenal sebagai organisme uniseluler atau bersel tunggal, sekitar 90% dari mereka juga dianggap sebagai plankton laut.


Kilauan cahaya putih kebiruan ini sendiripun diakibatkan dari Bioluminesensi. Bioluminesensi adalah suatu emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Sampai saat ini bioluminesensi telah ditemukan pada makhluk hidup seperti jamur, bakteri, dan organisme di dalam perairan.


Hanya dengan sedikit percikan air dari Bio Bay dapat membuat rambut atau tubuh seseorang berkilau bagai berlian untuk sesaat. Bahkan ketika hujan akan membuat teluk ini menyala begitu cantiknya. Hal ini terjadi karena setiap gerakan di dalam air memicu dinoflagellata untuk memancarkan bioluminescence ini.

Departemen lingkungan Puerto Rico telah memberlakukan peraturan resmi demi melestarikan Bio Bay ini. Tidak banyak operator legal yang telah berlisensi di daerah tersebut dan hanya operator yang telah memiliki lisensi saja yang diperbolehkan untuk membawa pengunjung ke tempat ini. Maka pastikanlah anda menyewa operator yang telah berlisensi ketika berkunjung ke Bio Bay. Hanya ada lima teluk bioluminescence di seluruh dunia dan Puerto Rico memiliki tiga dari mereka. Apa lagi yang anda tunggu.. segera siapkan ranselmu dan mari berpetualang ke air nan biru di Vieques Island!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar