Sabtu, 25 Juni 2016

Katakombe Capuchin




Saya yakin mendengar namanya saja anda pasti berpikiran tentang ketombe maupun secangkir capucino yang hangat, tetapi jangan salah sangka karena Katakombe Capuchin adalah tempat pemakaman dan sekaligus meseum. Banyak mayat-mayat yang tergantung pada dinding-dinding dengan berbagai macam pose, mengerikan bukan?

Tempat wisata ini terletak di Palemo, Sisilia Italy. Katakombe resmi ditutup pada tahun 1880 namun karena banyaknya orang yang terus berkunjung ke tempat tersebut maka Katakombe resmi di buka kembali pada tahun 1920 hingga saat ini.

Mayat yang ada di tempat ini didehidrasi ke dalam keramik yang dibentuk seperti wujud manusia aslinya, beberapa mayat dibalsem dan dicuka, dan tidak sedikit mayat yang hanya ditutup oleh kaca. Mayat pertama yang dimakamkan di tempat ini adalah seorang Pendeta bernama Silvestro dari Gubbio pada tahun 1599. Di Katakombe mayat di kelompokkan dalam berbagai macam kelompok mulai dari anak-anak, pria, wanita, perawan, bikkhu, dan kelompok profesional.

Kebiasaan mengubur mayat di tempat ini akhirnya menjadi suatu tradisi masyarakat sekitar. Konon sudah sebanyak  8000 mayat yang di makamkan di tempat ini. Bayangkan betapa menyeramkannya Katombe Capuchin ini. Tidak hanya di Italy, di Indonesia pun memiliki model pemakaman yang serupa yakni di kabupaten Toraja sekitar 800 kilometer dari Makasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar